Batik Motif Singa Barong

Ragam Desain Batik Khas Bali, Sarat Sejarah Dan Makna

Desain batik khas Bali memiliki makna atau filosofi tersendiri. Artinya ada sejarah khusus berkaitan dengan setiap desain dan motif batik Bali yang kini pemasarannya telah mendunia.

Desain batik khas Bali

Desain batik khas Bali

Sebenarnya desain batik dari setiap daerah mempunyai ‘pesan’ khusus dari garis-garis atau motif tertentu. Pesan sarat makna sekaligus merupakan warisan budaya Indonesia, dimana pesan yang dimaksud bisa bermakna asal tempat atau melambangkan sesuatu yang bersejarah dan berkaitan dengan budaya.

Sedikit sejarah motif batik Bali, Bali mulai terkenal dengan produk batiknya sejak tahun 1970. Kala itu produksi batik dipelopori Pande Ketut Krisna asal Desa Batubulan, Gianyar, Bali. Beliau identik dengan teknik batik cap dengan bantuan alat produksi berupa alat tenun manual yang disebut ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Sekedar info, jika Anda ingin berkunjung kesana, bisa menggunakan jasa sewa mobil di Bali dengan alamat https://www.sewamobil.co

Masyarakat Bali sendiri tidak pernah lepas dari unsur batik. Ini tentu erat hubungannya dengan ritual keagamaan atau upacara adat yang selalu menggunakan kain batik terutama untuk ikat pinggang dan udeng (sebutan untuk ikat kepala).

READ  Keunikan Desain Batik Bali, Bukti Kekuatan Budaya Lokal

Berikut rangkuman motif desain batik khas Bali yang kini produksinya sudah merambah pasar luar negeri.

Merak Abyorhokokai

Motif batik Bali ini melambangkan kebebasan berekspresi dalam menuangkan karya seni. Ada semacam motif abstract yang mungkin sulit dipahami namun justru kekhasannya menjadi daya tarik tersendiri.

Batik Motif Merak Abyorhokokai

Batik Motif Merak Abyorhokokai

Dalam motif batik Merak Abyorhokokai ini menggambarkan betapa indahnya burung merak yang disini sebagai corak utama. Ada juga corak menyerupai kelopak Bunga Sakura sehingga jenis batik Bali ini sedikit dipengaruhi budaya Jepang. Corak Burung Merak juga menginterpretasikan tentang keindahan Pulau Dewata yang tiada duanya.

Buketan

Desain batik khas Bali berikutnya ada motif batik Bali Buketan. Buketan berasal dari bahasa Perancis yang artinya seikat bunga. Nampak pada kain batik Buketan dihiasi corak tanaman bunga yang tersusun memanjang dengan aksen kupu-kupu, burung bangau, dan selulur sehingga menambah nilai estetikanya.

Batik Motif Buketan

Batik Motif Buketan

Singa Barong

Dari bahasa Jawa dan bahasa Bali, “Barong” mempunyai arti yang sama yaitu “ajaib”. Begitupun motif batik Singa Barong ini tergambar keajaiban perwujudan singa serta berbagai unsur yang merupakan kombinasi singa, burung garuda (bersayap), serta gajah (berbelalai) juga naga yang menyeringai dengan lidah menjulur.

Batik Motif Singa Barong

Batik Motif Singa Barong

Barong sendiri merupakan istilah yang akrab dengan kesenian Jawa maupun Bali. Maknanya bahwa binatang tidak hanya bisa ditemukan di kehidupan nyata. Bisa disimpulkan motif batik Singa Barong terbentuk melalui kolaborasi 4 jenis binatang yang memiliki makna keperkasaan serta kekuatan.

READ  Keunikan Desain Batik Bali, Bukti Kekuatan Budaya Lokal

Ulamsari Mas

Motif batik Bali yang satu ini merupakan simbol masyarakat Bali yang memiliki mata pencaharian nelayan. Dalam arti, Ulamsari Mas melambangkan kemakmuran masyarakat yang hidup di pesisir pantai Bali.

Selain itu motif ini juga mempunyai makna kekayaan alam Bali. Ini bisa dilihat dari gambar ikan dan udang yang sangat mudah dikenali. Secara keseluruhan desain batik khas Bali dengan motif Ulamsari Mas melambangkan kekayaan tempat wisata yang indah serta kekayaan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat Bali.

Penari Bali

Dari namanya sudah tergambar bahwa motif batik ini identik dengan tarian Bali. Motif Penari Bali sendiri mewakili beberapa tarian khas Bali termasuk tarian ritual, tarian upacara dan penyambutan, juga tarian budaya. Disini para pengrajin batik Bali punya tujuan mengenalkan beragam tarian Bali ke dunia melalui motif batik Penari Bali.

READ  Keunikan Desain Batik Bali, Bukti Kekuatan Budaya Lokal

Ragam desain batik khas Bali memang sarat sejarah dan makna dari corak-corak yang tergambar. Namun terlepas dari itu Batik Bali kini sudah terkenal di dunia. Banyak wisatawan asing yang berlibur membawa cinderamata ke negaranya berupa kain Batik Bali. Hal yang sama juga dilakukan oleh wisatawan lokal yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.